Jumat, 08 November 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » Pelaku Bom Bunuh Diri di Cirebon

Pelaku Bom Bunuh Diri di Cirebon


JAKARTA - Pengamat terorisme Al Chaidar menegaskan pelaku bom bunuh diri di masjid kompleks Mapolresta Cirebon bukan berasal dari kelompok Islam radikal. Menurutnya tidak mungkin mujahidin berjihad dengan menyerang tempat ibadah sebagai targetnya.



“Tidak mungkin itu melibatkan jamaah jihad dari Tanzim Al Qaeda maupun Jamaah Islamiyah. Mereka itu menghormati masjid tidak melakukan peledakan di masjid, jadi aneh kalau ada aksi yang demikian,” ujar Chaidar saat berbincang dengan okezone, Jumat (15/4/2011) malam.

Dia membandingkan dengan aksi serupa terhadap Masjid Istiqlal pada 1998 dan Masjid Agung Yogyakarta pada tahun 2000 lalu. Pada aksi tersebut tidak ada yang mengarah kepada kelompok Islam.

“Kelihatannya mengarah kepada golongan elit yang kecewa terhadap kepolisian dan pemerintah,” sambungnya.

Dia menambahkan, pelaku ingin membuat sensasi dan memberikan efek kejut terhadap targetnya yang kemungkinan besar adalah Kepolisian.

“Kelihatannya sengaja dipasang rendah (daya ledak) karena biasanya kelompok elit memiliki kemampuan dan akses bom lebih baik daripada punya kelompok teroris dari bom rakitan, mungkin menggunakan rendah untuk memberi kejutan kecil,” jelasnya.

Sumber:http://news.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar